Lomba Bunga Male Meriahkan Peringatan Maulid Nabi Di Luwu Timur

LUTIM, BERITA KEC.MALILI – Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Luwu Timur melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2020 di Gedung Wanita Simpurusiang, Puncak Indah Malili, Selasa (24/11/2020).

Semarak maulid tersebut dilaksanakan dengan lomba bunga male, dimana para peserta lomba menunjukkan karya masing-masing dalam menghias telur, selain menggunakan batang pisang dengan pernak-pernik menarik, juga ada yang menggunakan miniatur masjid dan miniatur lainnya.

Pantauan dilokasi, tampak ratusan hiasan male yang diikuti oleh OPD dan Kecamatan dinilain oleh tim juri.

Acara Peringatan Maulid Nabi SAW dihadiri Pjs. Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas beserta istri, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur, H. Bahri Suli, Ketua FKUB, Ardias Bara, Kemementrian Agama Luwu Timur dan jajaran, serta Kepala OPD dan Camat Lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

Adapun tema yang diangkat tahun ini yakni “Meneladani Rasulullah Sesuai Kata dan Perbuatan, Merawat Persahabatan dan Menjaga Persaudaraan”.

Pjs. Bupati Luwu Timur saat membawakan sambutannya mengatakan, Nabi Muhammad SAW merupakan suri teladan yang baik dalam kehidupan kita sehari-hari. Beliau harus kita jadikan contoh agar kita bisa menjadi manusia terbaik di mata Allah SWT.

“Teladan Rasulullah SAW harus kita pedomani bukan hanya dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat, tapi di seluruh aspek kehidupan,” ujar Pjs. Bupati.

Salah satu akhlak terbaik Rasulullah yang patut diteladani dan sangat relevan dalam situasi saat ini ialah peduli terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Pandemi global Covid-19 yang melanda kita semua tidak bisa dihadapi secara individual, tetapi memerlukan ikhtiar bersama untuk dapat menanganinya.

Panwaslu Menggelar Bimbingan Teknis Untuk PKD Dan PTPS Selama Dua Hari

LUTIM, BERITA KEC.MALILI – Panwaslu kecamatan, Malili kabupaten Lutim menggelar  bimbingan teknis ( Bimtek)  untuk pengawasan kelurahan / Desa ( PKD)  dan Pengawas Tempat  Pemungutan Suara ( PTPS)  jelang pilkada serentak 9 Desember 2020, di Kantor Camat Malili, 2/12/20.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari mulai  tanggal 2 sampai tanggal 3  Desember, dengan jumlah peserta  83 orang PKD  dan PTPS,  karena mengingat sekarang masih dalam suasana pandemi,  peserta bimtek di bagi dua, untuk  gelombang pertama hari ini hanya di ikuti 39 peserta dan gelombang kedua 44 peserta.

Acara ini, resmi di buka oleh ketua panwascam Malili, Haryanto Hasan, selaku Divisi Hukum dan penyelesaian sengketa 

Haryanto, mengatakan tujuan dari pada bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada PKD dan PTPS, terkait mekanisme persiapan dan penghitungan suara dengan protokol kesehatan.

Dalam konteks pilkada serentak yang di gelar pada tahun 2020, pengawas pemilihan khususnya pengawas TPS, mempunyai peranan yang sangat penting dan strategis,sebab pengawas TPS merupakan ujung tombak Bawaslu dalam melaksanakan tugas tugas pengawasan.

Untuk itu semua pengawas TPS agar dalam menjalankan tugasnya memegang prinsip integritas serta menjaga marwah lembaga demi terciptanya pemilihan yang demokratis, bermartabat serta berkwalitas. lap, MS.

Seluruh Pegawai Kantor Camat Malili mengikuti sosialisasi zakat oleh BAZNAS Kab.Luwu Timur di Kantor Kec.Malili

Foto : Camat Malili, Nur Syaifullah Rahman, S.STP duduk paling kiri, duduk ditengah ketua BAZNAS, ABD Salam Nur, Lc, M.Si dan Ust. Arafah duduk sebelah kanan.

 

Kegiatan Sosialisasi Zakat ini dibuka oleh Camat Malili dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa spiritual tentang keagamaan seluruh ASN Kecamatan Malili, dengan adanya BAZNAS ini di Luwu Timur sangat memudahkan bagi human person dalam membayar zakatnya masing-masing sesuai dengan arahan presiden yang tercantum dalam Kepres No.8 Tahun 2001 Tentang Badan Amil Zakat Nasional.

Menutut Bapak Camat Malili,Nur Syaifullah Rahman, S.STP, semoga kedepannya Luwu Timur ini khususnya Kecamatan Malili dapat bisa berkembang bukan hanya dari sesi perbankan saja akan tetapi dari segi zakat juga.

 

Dalam kegiatan sosialisasi ini disampaikan pula bahwa Baznas Luwu Timur ini adalah Baznas paling terahir dibentuk di Sulawesi Selatan, baru berumur 11 Bulan akan tetapi sudah banyak daerah-daerah Kab/Kota yang ada di Sulsel yang sudah dilampaui dalam hal data partisipatif pegawainya untuk itu perlu adanya dukungan pemerintah yang lebih baik lagi dimana kedepannya akan ada perubahan dari Perda tentang Baznas menjadi Perbub agar lebih kuat dasarnya, kata Ketua Baznas Lutim, Abd. Salam Nur, Lc, M.Si.

Angka Pasien Covid 19 Sembuh Bertambah Lagi Menjadi 1.682 Dan 12 Kasus Baru

LUTIM, BERITA KEC.MALILI – Angka kasus positif konfirmasi virus corona di Kabupaten Luwu Timur masih terus bertambah. Pada Selasa (02/12/2020), angka positif COVID-19 bertambah 12 kasus.

Merilis data laman http://covid19.luwutimurkab.go.id, pukul 17.00 WIB dan informasi dari Juru Bicara Tim Satgas Penanganan Covid19, Masdin. Dengan adanya penambahan 12 kasus baru tersebut, sehingga secara akumulatif kasus positif terinfeksi virus corona di Kabupaten Luwu Timur menjadi 1.758 kasus.

Menurut Masdin, distribusi 12 kasus baru itu tersebar di 4 kecamatan. Terbanyak tambahan hari ini berasal dari Kecamatan Nuha 5 dan Wasuponda 5, 2 kasus sisanya masing-masing dari Kecamatan Wasuponda dan Malili.

“Sedangkan untuk pasien yang sembuh dari COVID-19 di Lutim pada hari ini bertambah sebanyak 3 orang. Ketiganya merupakan warga Kecamatan Wasuponda, Towuti dan Burau. Dengan jumlah ini, maka total pasien corona yang sembuh menjadi 1.682 orang,” rinci Masdin.

Dengan adanya penambahan 12 kasus baru tersebut, sambungnya, maka jumlah total kasus konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Luwu Timur hingga hari ini telah mencapai 1.758.

“Dari jumlah kumulatif itu, sebanyak 1.682 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh, 67 orang masih dirawat, dan tercatat 9 orang meninggal dunia dengan status terkonfirmasi covid19,” tuturnya.

Kita semua berharap agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dikehidupan sehari-hari, agar penambahan pasien covid19 bisa berkurang dan tidak bertambah setiap harinya,” harap Kepala Dinas Kominfo tersebut.

Berikut update lengkap perkembangan virus corona di Kab. Luwu Timur per tanggal 02 Desember 2020 :

1. Konfirmasi 1.758 (simtomatik 13, asimtomatik 54, sembuh/selesai isolasi 1.682, meninggal 9),

2. Probable 13 (probable 11, meninggal 1),

3. Suspek 796 (proses isolasi 83, discarded 712, meninggal 0),

4. Kontak Erat 3.083 (proses karantina 285, discarded 2.798). (ikp/kominfo)

Pelantikan Dan Pengambilan Sumpah Janji Pengawas Tempat Pemungutan Suara, Sekecamatan Malili

Panitia pengawas  kecamatan Malili kabupaten lutim,  melantik dan mengambil sumpah janji Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS)  sekecamatan Malili, di Aula Kantor Kemenag  kabupaten Lutim,  16/11/2020.

Para calon PTPS ini dilantik ketua panwaslu kecamatan Malili, Haryanto hasan,  dan dihadiri pimpinan Bawaslu Lutim,  Zaenal Arifin, s.sos,  kasek panwaslu kecamatan Malili,  M. Ainul Haeruddin,S.Stp,kapolsek Malili,  M.T. Sandalino, Danramil Malili,  Serda Abraham.

Menurut kepala sekertariat panwaslu kecamatan, M. Ainul Haeruddin, dalam pelaporannya jumlah calon  PTPS  yang  akan  di lantik  sebanyak 68 orang, laki – laki 30, perempuan 38,  dengan jumlah TPS 68  terdiri dari 14 Desa 1 kelurahan yang ada di kecamatan Malili kabupaten Lutim.

Para Petugas PTPS ini akan bertugas di setiap kelurahan/ Desa di  wilayah di kecamatan Malili, oleh karena itu begitu pentingnya keberadaan pengawas di setiap TPS  sehingga pengawas TPS harus memiliki kemampuan dan keahlian  yang berkaitan dengan pilkada.

Pimpinan Bawaslu, zainal Arifin ,lewat sambutannya memberikan ucapan selamat kepada semua PTPS yang sudah di lantik,
” Saya mengucapkan selamat kepada semua PTPS yang sudah di lantik hari ini,  dan saya menghimbau agar semua PTPS tetap  menjaga integritas dan netralitas  sebagai penyelenggara Pilkada, unkapnya.

Setelah pelantikan dan pengambilan sumpah selesai,dilanjutkan dengan Bimtek oleh panwascam Malili agar PTPS lebih memahami tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas, lap,MS.

Pemerintah Kec.Malili Melakukan Pembinaan Perpustakaan Desa Se-Kecamatan Malili

Foto : Pemerintah Kecamatan Malili melakukan pembinaan perpustakaan Desa Laskap (Rabu 14 Oktober 2020)

 

Pemerintah Kecamatan melakukan pembinaan terkait perkembangan perpustakaan desa-desa dan kelurahan se-kecamatan malili yang dipimpin oleh sekretaris camat ibu Suriyanti, S.kom, dimana pada kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengelolaan perpustakaan desa guna terciptanya pemerintahan desa yang gemar melayani dalam hal baca untuk seluruh masyarakat malili pada umumnya,

 

menurut sekretaris camat malili diharapkan untuk desa saat ini dapat mendekatkan buku kepada masyarakat sehingga meningkatkan minat baca. Menurutnya, kebiasaan membaca buku semakin terancam ditinggalkan di era digital ini. "Kita mendapatkan pengetahuan secara mendalam melalui buku, bukan sekedar kabar hoax yang belum tentu kebenarannya seperti yang marak di media online atau media sosial," menurut Suriyanti.S.Kom

Subcategories

Kontak

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  0474 321005
Jl. Soekarno Hatta Puncak Indah, Malili

Kunjungi Sosial Media